Lingkungan pendidikan yang terus berubah secara radikal dan pervasive membutuhkan sebuah manajemen pendidikan modern yang tanggap dan bergerak cepat. Perubahan lingkungan eksternal seperti regulasi pemerintah, pengguna lulusan, orang tua mahasiswa, dan masyarakat secara umum menuntut organisasi pendidikan semakin maju dan mandiri. Di lain pihak persaingan antara lembaga pendidikan utamanya pendidikan tinggi juga semakin ketat. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tidak hanya bersaing dengan kompetitor dalam negeri saja, namun juga perguruan tinggi luar negeri yang berekspansi secara internasional. Masyarakat pun menjadi semakin cerdas dalam memilih sebuah perguruan tinggi yang diangggap bergengsi.
Berbagai organisasi ataupun lembaga malah memberikan informasi yang beragam tentang perguruan tinggi melalui pemeringkatan maupun survei seperti yang dilakukan oleh Times Higher Education, Webometric, Majalah Swa, Majalah Tempo, dan sebagainya. Lingkungan eksternal yang berubah begitu dahsyat memberikan pengaruh yang tajam terhadap lingkungan internal sebuah perguruan tinggi. Manajemen perguruan tinggi dituntut semakin efektif dan efisien mengelola sumber daya yang dipunyai sehingga berbagai inovasi dapat dilakukan dengan pembiayaan yang cukup.
Manajemen perguruan tinggi tidak bisa lagi menggantungkan diri pada manajemen “apa adanya”. Manajemen harus memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan kemampuan antisipasi masa depan dengan kemampuan manajerial untuk merencanakan dan mengimplementasikan program-program sehingga tujuan sebuah perguruan tinggi dapat tercapai. Manajemen strategik harus menjadi proses manajemen yang terimpelementasikan. Manajemen strategik ini meliputi berbagai keputusan dan langkah-langkah yang berujung pada formulasi dan implementasi serangkaian rencana yang didesain untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategik ini memiliki 9 rangkaian langkah yaitu (Pearce dan Robinson; 2009):
- Memformulasikan misi termasuk di dalamnya adalah formulasi tujuan dan filosofi
- Melakukan analisis lingkungan internal organisasi
- Melakukan penilaian atas lingkungan eksternal
- Melakukan analisis pilihan-pilihan strategi dengan mencocokkan kemampuan internal dengan lingkungan eksternal
- Mengidentifikasi dan menganalisis setiap pilihan strategi
- Menetapkan tujuan jangka panjang dan grand strategy yang dianggap paling tepat
- Menetapkan sasaran tahunan
- Mengimplementasikan strategi melalui penyusunan anggaran
- Mengevaluasi penerapan strategi
FE-Unsimar telah menyusun rencana strategis untuk tahun 2015-2027. Oleh karena itu, FE-Unsimar perlu untuk merumuskan kembali rencana strategis untuk tahun 2015-2027. Berbagai dinamika baru dan ke depan harus mampu ditangkap oleh FE-Unsimar ke depan. Aspek-aspek seperti quality assurance yang telah menjadi tekad FE-Unsimar dan dituangkan dalam visi UNSIMAR harus mendapat perhatian yang besar. Grand strategy perlu dirumuskan lebih dalam dan direncanakan dengan matang. Terlebih lagi FE-Unsimar telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan Predikat B selama dua kali berturut-turut. Rencana strategis ini dibutuhkan sebagai guidance langkah-langkah FE-Unsimar dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan kompetisi dan dinamika.
Fokus pengembangan dan strategi dasar pengembangan
No. |
Strategi / Indikator Sasaran |
Kondisi awal Tahun |
Tahun (Tiap 4 tahun) |
|||
2015 |
2015 |
2019 |
2023 |
2027 |
||
1. |
Rencana Strategis Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran |
|||||
1.1 |
Meningkatkan Kompetensi Akademik Dosen |
|||||
|
Persentase dosen tetap berpendidikan terakhir magister sesuai program studi |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
Jumlah dosen tetap berpendidikan doktor yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studi minimal 6 % pada setiap prodi pada tahun 2015 |
6% |
6% |
50% |
75% |
100% |
|
Persentase dosen tetap yang berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studi 90 % |
6% |
6% |
50% |
75% |
100% |
|
Adanya pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen yang lengkap dan dilaksanakan secara konsisten |
30% |
45% |
65% |
85% |
100% |
|
Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap seluruh dosen sebaiknya <10%, dosen tidak tetap harus sesuai keahliannya dengan mata kuliah yang diampu dan persentase kehadirannya dalam mengajar ≥95% |
30% |
45% |
65% |
85% |
100% |
|
1.2. |
Meningkatkan Kemampuan Dosen Melaksanakan Pembelajaran yang |
|||||
Dosen tetap yang berpendidikan akhir jenjang S3 yang bidang keahlianya sesuai dengan kompetensi Program Studi 100% |
6% |
6% |
50% |
75% |
100% |
|
Dosen tetap yang memiliki jabatan lektor dan lektor kepala yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi pada setiap Program study. |
93 % |
93 % |
95% |
100% |
100% |
|
|
Dosen tetap yang memiliki Sertifikat Pendidik Profesional 100 %. |
72 % |
72 % |
80 % |
90% |
100% |
Mendapatkan penghargaan hibah,pendanaan program dan kegiatan akademik dari institusi nasional ataupun regional/lokal |
18% |
18 % |
50% |
75% |
100% |
|
Dosen tetap sudah mengikuti pelatihan Pekerti, AA dan tes pengukuran 100% |
45% |
45% |
70% |
85% |
100% |
|
Dosen tetap pada program studi Manajemen yang mengikuti pelatihan AMDAL kajian bidang ekonomi 75% |
0% |
0% |
25% |
50% |
75% |
|
1.3 |
Mengembangkan Proses Pembelajaran |
|||||
|
Terselenggaranya proses pembelajaran SCL (student centre learning). |
10% |
25% |
50% |
75% |
100% |
Hampir 75% bahan ajar sudah dapat didownload pada web-site fakultas |
25% |
25% |
50% |
75% |
100% |
|
Tersedianya teknologi informasi dalam proses pembelajaran (LCD pembelajaran) |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
Meningkatnya jumlah buku perpustakaan |
50% |
50% |
70% |
75% |
100% |
|
Tersedianya laptop bagi masing-masing program studi |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
|
2. |
Rencana Strategis Pengembangan Sarana dan Prasarana |
|||||
|
Pembangunan lantai 3 gedung perkuliahan dan perbaikan laboratorium bahasa selesai dilaksanakan |
30% |
30% |
50% |
75% |
100% |
|
Pembangunan ruangan Koperasi Mahasiswa selesai dilaksanakan |
30% |
30% |
50% |
75% |
100% |
Tersedianya peralatan laboratorium komputer. |
50% |
50% |
75% |
100% |
100% |
|
3. |
Strategi Peningkatan Kualitas Penelitian Dan Pengabdian Kepada masyarakat dan Kerjasama |
|||||
|
Jumlah penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh setiap dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS sebanyak 2 per tahun |
50% |
50% |
75% |
100% |
100% |
Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh setiap dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS sebanyak 2 per tahun, |
50% |
50% |
75% |
100% |
100% |
|
Jumlah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh setiap dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS , minimal 1 per tahun |
75% |
75% |
100% |
100% |
100% |
|
Adanya kerjasama dengan institusi di dalam negri dan instansi di luar negeri |
50% |
50% |
80% |
90% |
100% |
|
Mahasiswa terlibat dalam kegiatan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan diberi tanggung jawab |
50% |
50% |
75% |
100% |
100% |
|
Meningkatnya jumlah penelitian yang disetujui lembaga penyandang dana |
30% |
50% |
75% |
90% |
100% |
|
Terbitnya jurnal ilmiah secara kontinyu dan tepat waktu. |
50% |
50% |
75% |
100% |
100% |
|
Diterbitkannya jurnal ilmiah yang terakreditasi |
25% |
25% |
50% |
75% |
100% |
|
4. |
Rencana Strategis Pemberdayaan Organisasi Dan Manajemen |
|||||
4.1. |
Pemantapan Sistem Pelayanan Manajemen Administrasi Akademik yang Mudah, Cepat, Akurat, dan Terpadu |
|||||
|
Pembentukan dan pelatihan tim task force Akreditasi dan tim PDPT telah selesai dilaksanakan |
50% |
50% |
100% |
100% |
100% |
Penyusunan kembali (revisi) restra, statuta dan aturan-aturan akademik telah selesai dilaksanakan. |
50% |
50% |
100% |
100% |
100% |
|
Tersedianya dokumen penjaminan mutu dan implementasinya serta kode etik kemahasiswaan. |
30% |
50% |
75% |
100% |
100% |
|
Terbentuknya 1 (satu) program studi baru |
0% |
0% |
50% |
75% |
100% |
|
4.2 |
Memantapkan Manajemen Teknologi Informasi |
|||||
|
Tersedianya sistem informasi akademik terpadu yang berbasis IT yang dapat diakses secara luas melalui jaringan (LAN) |
50% |
50% |
100% |
100% |
100% |
Tersedianya sistem informasi perpustkaan on-line |
50% |
50% |
100% |
100% |
100% |
|
Pelatihan SI Akademik telah selesai dilaksanakan |
50% |
50% |
100% |
100% |
100% |
|
5. |
Rencana Strategis Pendanaan dan Pengelolaan Aset |
|||||
|
Tersedianya koperasi mahasiswa |
30% |
30% |
50% |
75% |
100% |
Terimplementasikan kegiatan-kegiatan yang menjadi sumber pendapatan dari Koperasi Mahasiswa. |
25% |
25% |
50% |
75% |
100% |