Rencana Strategis

Lingkungan pendidikan yang terus berubah secara radikal dan pervasive membutuhkan sebuah manajemen pendidikan modern yang tanggap dan bergerak cepat. Perubahan lingkungan eksternal seperti regulasi pemerintah, pengguna lulusan, orang tua mahasiswa, dan masyarakat secara umum menuntut organisasi pendidikan semakin maju dan mandiri. Di lain pihak persaingan antara lembaga pendidikan utamanya pendidikan tinggi juga semakin ketat. Berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta tidak hanya bersaing dengan kompetitor dalam negeri saja, namun juga perguruan tinggi luar negeri yang berekspansi secara internasional. Masyarakat pun menjadi semakin cerdas dalam memilih sebuah perguruan tinggi yang diangggap bergengsi.

Berbagai organisasi ataupun lembaga malah memberikan informasi yang beragam tentang perguruan tinggi melalui pemeringkatan maupun survei seperti yang dilakukan oleh Times Higher Education, Webometric, Majalah Swa, Majalah Tempo, dan sebagainya. Lingkungan eksternal yang berubah begitu dahsyat memberikan pengaruh yang tajam terhadap lingkungan internal sebuah perguruan tinggi. Manajemen perguruan tinggi dituntut semakin efektif dan efisien mengelola sumber daya yang dipunyai sehingga berbagai inovasi dapat dilakukan dengan pembiayaan yang cukup.

Manajemen perguruan tinggi tidak bisa lagi menggantungkan diri pada manajemen “apa adanya”. Manajemen harus memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan kemampuan antisipasi masa depan dengan kemampuan manajerial untuk merencanakan dan mengimplementasikan program-program sehingga tujuan sebuah perguruan tinggi dapat tercapai. Manajemen strategik harus menjadi proses manajemen yang terimpelementasikan. Manajemen strategik ini meliputi berbagai keputusan dan langkah-langkah yang berujung pada formulasi dan implementasi serangkaian rencana yang didesain untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen strategik ini memiliki 9 rangkaian langkah yaitu (Pearce dan Robinson; 2009):

  1. Memformulasikan misi termasuk di dalamnya adalah formulasi tujuan dan filosofi
  2. Melakukan analisis lingkungan internal organisasi
  3. Melakukan penilaian atas lingkungan eksternal
  4. Melakukan analisis pilihan-pilihan strategi dengan mencocokkan kemampuan internal dengan lingkungan eksternal
  5. Mengidentifikasi dan menganalisis setiap pilihan strategi
  6. Menetapkan tujuan jangka panjang dan grand strategy yang dianggap paling tepat
  7. Menetapkan sasaran tahunan
  8. Mengimplementasikan strategi melalui penyusunan anggaran
  9. Mengevaluasi penerapan strategi

FE-Unsimar telah menyusun rencana strategis untuk tahun 2015-2027. Oleh karena itu, FE-Unsimar perlu untuk merumuskan kembali rencana strategis untuk tahun 2015-2027. Berbagai dinamika baru dan ke depan harus mampu ditangkap oleh FE-Unsimar ke depan. Aspek-aspek seperti quality assurance yang telah menjadi tekad FE-Unsimar dan dituangkan dalam visi UNSIMAR harus mendapat perhatian yang besar. Grand strategy perlu dirumuskan lebih dalam dan direncanakan dengan matang. Terlebih lagi FE-Unsimar telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan Predikat B selama dua kali berturut-turut. Rencana strategis ini dibutuhkan sebagai guidance langkah-langkah FE-Unsimar dalam menyongsong masa depan yang penuh dengan kompetisi dan dinamika.

Fokus pengembangan dan strategi dasar pengembangan

No.

Strategi / Indikator Sasaran

Kondisi awal Tahun

Tahun (Tiap 4 tahun)

2015

2015

2019

2023

2027

1.

  Rencana Strategis Pengembangan Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran

1.1

  Meningkatkan Kompetensi Akademik Dosen

 

Persentase dosen tetap berpendidikan terakhir magister sesuai program studi

100%

100%

100%

100%

100%

Jumlah dosen tetap berpendidikan doktor yang bidang keahliannya  sesuai dengan kompetensi program studi minimal 6 %  pada setiap prodi  pada tahun 2015

6%

6%

50%

75%

100%

Persentase dosen tetap yang berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studi 90 %

6%

6%

50%

75%

100%

Adanya pedoman tertulis tentang sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen yang lengkap dan dilaksanakan secara  konsisten

30%

45%

65%

85%

100%

Persentase jumlah dosen tidak tetap terhadap seluruh dosen sebaiknya <10%, dosen tidak tetap harus sesuai keahliannya dengan mata kuliah   yang diampu dan persentase kehadirannya dalam mengajar ≥95%

30%

45%

65%

85%

100%

1.2.

  Meningkatkan Kemampuan Dosen Melaksanakan Pembelajaran yang 

 

Dosen tetap yang berpendidikan akhir jenjang  S3 yang bidang keahlianya sesuai dengan kompetensi Program Studi 100%

6%

6%

50%

75%

100%

Dosen tetap yang memiliki jabatan lektor dan lektor kepala yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi pada setiap Program study.

93 %

93 %

95%

100%

100%

 

Dosen tetap yang memiliki Sertifikat Pendidik Profesional 100 %.

72 %

72 %

80 %

90%

100%

Mendapatkan penghargaan hibah,pendanaan program dan kegiatan akademik  dari institusi nasional ataupun regional/lokal

18%

18 %

50%

75%

100%

Dosen tetap sudah mengikuti pelatihan Pekerti, AA dan tes pengukuran 100%

45%

45%

70%

85%

100%

Dosen tetap pada program studi Manajemen yang mengikuti pelatihan AMDAL kajian bidang ekonomi 75%

0%

0%

25%

50%

75%

1.3

  Mengembangkan Proses Pembelajaran

 

Terselenggaranya proses pembelajaran SCL (student centre learning).

10%

25%

50%

75%

100%

Hampir 75% bahan ajar sudah dapat didownload pada web-site fakultas

25%

25%

50%

75%

100%

Tersedianya teknologi informasi dalam proses pembelajaran (LCD pembelajaran)

100%

100%

100%

100%

100%

Meningkatnya jumlah buku perpustakaan

50%

50%

70%

75%

100%

Tersedianya laptop bagi masing-masing program studi

100%

100%

100%

100%

100%

2.

  Rencana Strategis Pengembangan Sarana dan Prasarana

 

Pembangunan lantai 3 gedung perkuliahan dan perbaikan laboratorium bahasa selesai dilaksanakan

30%

30%

50%

75%

100%

 

Pembangunan ruangan Koperasi Mahasiswa selesai dilaksanakan

30%

30%

50%

75%

100%

Tersedianya peralatan laboratorium komputer.

50%

50%

75%

100%

100%

3.

  Strategi Peningkatan Kualitas Penelitian Dan Pengabdian Kepada masyarakat dan Kerjasama

 

Jumlah penelitian yang sesuai dengan bidang keilmuan PS, yang dilakukan oleh setiap dosen tetap  yang bidang keahliannya sama dengan PS  sebanyak 2 per tahun

50%

50%

75%

100%

100%

Jumlah artikel ilmiah yang dihasilkan oleh setiap dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS sebanyak 2 per tahun,

50%

50%

75%

100%

100%

Jumlah kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh setiap dosen tetap yang bidang keahliannya sama dengan PS , minimal 1 per tahun

75%

75%

100%

100%

100%

Adanya kerjasama dengan institusi di dalam negri dan instansi di luar negeri

50%

50%

80%

90%

100%

Mahasiswa terlibat dalam kegiatan penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan diberi tanggung jawab

50%

50%

75%

100%

100%

Meningkatnya jumlah penelitian yang disetujui lembaga penyandang dana

30%

50%

75%

90%

100%

Terbitnya jurnal ilmiah secara kontinyu dan tepat waktu.

50%

50%

75%

100%

100%

Diterbitkannya jurnal ilmiah yang terakreditasi

25%

25%

50%

75%

100%

4.

  Rencana Strategis Pemberdayaan Organisasi Dan Manajemen

4.1.

  Pemantapan Sistem Pelayanan Manajemen Administrasi Akademik yang Mudah,  Cepat, Akurat, dan Terpadu

 

Pembentukan dan pelatihan tim  task force Akreditasi dan tim PDPT telah selesai dilaksanakan

50%

50%

100%

100%

100%

Penyusunan kembali (revisi)  restra, statuta dan aturan-aturan akademik telah selesai dilaksanakan.

50%

50%

100%

100%

100%

Tersedianya dokumen penjaminan mutu dan implementasinya serta kode etik kemahasiswaan.

30%

50%

75%

100%

100%

Terbentuknya 1 (satu) program studi baru

0%

0%

50%

75%

100%

4.2

  Memantapkan Manajemen Teknologi Informasi

 

Tersedianya sistem informasi  akademik terpadu yang berbasis IT yang dapat diakses secara luas  melalui jaringan (LAN)

50%

50%

100%

100%

100%

Tersedianya sistem informasi perpustkaan on-line

50%

50%

100%

100%

100%

Pelatihan SI Akademik telah selesai dilaksanakan

50%

50%

100%

100%

100%

5.

  Rencana Strategis Pendanaan dan Pengelolaan Aset

 

Tersedianya koperasi mahasiswa

30%

30%

50%

75%

100%

Terimplementasikan kegiatan-kegiatan yang menjadi sumber pendapatan dari Koperasi Mahasiswa.

25%

25%

50%

75%

100%

Prestasi Mahasiswa

01 Juara 1 Lomba Kejuaraan Daerah Taekwondo Open Tournamen Se-Sulawesi Tengah Junior Under 63 Kg Male yang diselenggarakan oleh Pengurus Provinsi Sulawesi Tengah Taekwondo Indonesia Tanggal 23 Maret Tahun 2012

02 Juara 2 Lomba Pekan Olahraga Propinsi dalam bidang Bela Diri Taekwondo yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Tengah Tanggal 9 September Tahun 2014

03 Juara 1 Lomba Kejuaraan Nasional Taekwondo Central Celebes Open Tournamen yang diselenggarakan oleh Pengurus Taekwondo Indonesia Cabang Sulawesi Tengah tanggal 5 s/d 8 Maret 2015

04 Kualifikasi Pra PON beladiri Taekwondo yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Taekwondo Indonesia Tanggal 17 s/d 19 November Tahun 2015

05 Juara 3 Lomba debat Bahasa Ingris antar mahasiswa prodi non bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UKM Unsimar Tahun 2015

06 Juara 1 Festival Danau Poso Pemilihan Putri Danau Poso yang diselenggarakan Oleh Pemerintah Kabupaten Poso Tahun 2016

07 Juara 3 Lomba debat Bahasa Ingris antar mahasiswa prodi non bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UKM Unsimar Tahun 2016

08 Juara 1 Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Qori’ah Cabang Tilawah Tingkat Program Studi Universitas Sintuwu Maroso yang diselenggarakan oleh Universitas Sintuwu Maroso Tanggal 8 Oktober 2016

09 Juara 1 Festival Taekwondo Sulawesi Tengah (Kyorugi Senior Under 68 Male) yang diselenggarakan oleh Pengurus Propinsi Sulawesi Tengah Taekwondo Indonesia Tanggal 14 s/d 16 Oktober Tahun 2016

Kurikulum, Pembelajaran dan Suasana Akademik

Kebijakan kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik difokuskan untuk peningkatan sistem pembelajaran, kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan stakeholder serta penciptaan suasana pembelajaran yang kondusif bagi peningkatan akademik mahasiswa.


Kurikulum Fakultas Ekonomi pada program studi merupakan pedoman penyelenggaraan pendidikan untuk pendidikan akademik dan atau profesional untuk menjamin mutu dan kemampuan sesuai program studi yang ditempuh oleh mahasiswa. Rambu-rambu untuk menjamin mutu dan kemampuan program studi melaksanakan kurikulum di tetapkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas dan unit penjaminan mutu Fakultas Ekonomi. Mata kuliah ditawarkan pada mahasiswa sesuai dengan sebaran mata kuliah setiap semester ganjil dan genap sehingga memungkinkan mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu. Isi kurikulum di Fakultas Ekonomi sebanyak 153 SKS, meliputi:

a. Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MKPK) 12 SKS
b. Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKKK) 48 SKS
c. Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKKB) 57 SKS
d. Mata Kuliah Perilaku Berkarya(MKPB) 24 SKS
e. Mata Kuliah Berkehidupan Bersama(MKBB) 12 SKS

Kurikulum lokal dikembangkan sesuai jalur konsentrasi yang dipilih pada setiap program studi.Kebijakan di atas diwujudkan dalam program sebagai berikut:

1. Mengoptimalkan implementasi kurikulum melalui berbagai metode pembelajaran antara lain teori, praktek dan praktikum
2. Memberikan pemahaman tentang kurikulum melalui sosialisasi secara intensif kepada mahasiswa pada saat proses pembelajaran.
3. Meningkatkan ketersediaan sarana laboratorium komputer secara bertahap untuk mengoptimalkan pelaksanaan kurikulum yang berbasis kompetensi
4. Peningkatan kemampuan dosen mengembangkan metode pembelajaran yang berbasis Student Center Learning (SCL).
5. Meningkatkan mutu pendidikan melalui pengembangan Sumberdaya manusia serta sarana dan prasarana
6. Mengoptimalkan mahasiswa memanfaatkan pelayanan pembimbing akademik
7. Meningkatkan kerjasama antara dosen, mahasiswa dan tenaga pendukung melalui berbagai kegiatan.
8. Membuat perencanaan ekstrakurikuler yang efektif
9. Memotivasi mahasiswa untuk ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatan yang positif di kampus.
10. Mengoptimalkan penegakan tata tertib dan peraturan Kampus.
11. Peningkatan kegiatan mahasiswa dalam bentuk softskill.
12. Penerapan kurikulum yang bertumpu pada Student Centre Learning (SCL)
13. Mengupayakan peningkatan sarana prasarana termasuk ICT agar mahasiswa bisa mengakses data akademik secara meluas.

 

Sistem Penjaminan Mutu

Penjaminan mutu fakultas senantiasa berorientasi pada perbaikan dan peningkatan mutu secara terus menerus (continues improvement). Untuk menjaga kualitas kinerja fakultas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, telah dibentuk unit Penjaminan Mutu (UPM) di tingkat Fakultas. Penjaminan mutu akademik fakultas dilakukan untuk menjamin:

a. Kepatuhan pada kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik serta manual mutu akademik
b. Kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai yang ditetapkan pada spesifikasi masing-masing kosentrasi.
c. Kepastian bahwa mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan spesifikasi masing-masing kosentrasi.
d. Relevansi program pendidikan dan penelitian dengan kebutuhan pasar kerja, dan masyarakat.

Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu, realisasinya akan dilakukan secara bertahap yang dirumuskan dalam bentuk sasaran mutu fakultas meliputi: Mutu Pendidikan dan Pengajaran, Mutu Penelitian dan Mutu Pengabdian Pada Masyarakat.

About Us

FISIP UNSIMAR

Lt. 2 GB Kampus Universitas Sintuwu Maroso.

  • +62 452 325 271 (08:00 - 16:00)
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • Poso, Sulawesi Tengah, 94619, Indonesia

Official Facebook